Senin, 29 Agustus 2016

Merapi Tak Pernah Ingkar Janji

Ya kali ini gw akan nulis cerita perjalanan pendakian gw ke gunung merapi jawa tengah . Perjalanan pendakian ini sebenernya cepet, karna kali ini gw mendaki tanpa mendirikan tenda alias tektok . Perjalanan pendakian ini gw mulai dari jogja, bersama temen gw namanya Pian, mungkin ada yg kenal sama pian hahha . Pendakian ini bisa disebut pendakian dadakan, karna pendakian ini selang dua hari setelah gw turun dari semeru bareng pian juga . Gw mulai start pendakian dari jogja, karna transportasi rada susah jadi kita putusin nyewa motor . Dari jogja gw berangkat sekitar jam 2 siang, langsung menuju basecamp pendakian selo . Setelah gw anteng duduk dijok motor akhirnya kita tiba juga dibasecamp pendakian selo . Oh iya Selo ini berada dikabupaten boyolali, Jawa Tengah . Sengaja gw jadwalin sampe sini sore, karna gw sama pian mau mendaki keesokan harinya . Dibasecamp barameru gw ngurus registrasi pendakiannya, dan kita berdua mutusin utk tidur dihomestay Satria . Homestay Satria ini terletak dibawah basecamp barameru, kalo kalian pernah ke merapi pasti tau atau pernah liat deh homestay Satria . Homestay satria ini sering menjadi tempat singgah para-para bule . Dan gw pun sempet ketemu bule yg lagi stay di basecamp satria .
       Malam pun tiba, gw sama pian mulai packing peralatan dan perbekalan yg akan kami bawa besok . Kita berdua ga ada yg pake carrier, kita berdia masing-masing pake daypack 30L . Perbekalan kita cuma Air mineral 1SL masing-masing 1 kompor, nesting, hi-cook, coffe, snack, dan P3K . Karna udah planing tektok jadi kita ga bawa banyak barang dan bekasl, barang-barang kita yg dari semeru kita tinggalin dihomestay yg kita tempatin dijogja . Planing kita sih naik jam 04.00 Subuh, tapi nyatanya kita naik jam 06.00 wkwkwk .Pendakian pun dimulai

Dipagi hari yg masih dingin kita mulai pendakian kita, ngelewatin basecamp barameru sampai Pos yg ada tulisan "NEW SELO" . Disitu kita berenti sejenak, untuk memandang betapa indahnya pemandangan yg tersajikan . Dari sini kita dapat melihat gunung merbabu . Setelah beristirahat sejenak kita pun langsung melanjutkan perjalanan, jalur yg kita lalui adalah batu-batu yg tertata rapih, sampai akhirnya tiba dipos selamat datang . Dari bawah sampai pos selamat datang itu tanjakan mulu, ga ada landainya, ampun dah wkwkwkk . Setelah istirahat lagi dipos selamat datang kita langsung lanjut menuju pos I .
       Perjalanan menju pos satu masih menanjak dan berdebu, karna mungkin sudah lama didaerah merapi tidak diberikan hujan . Setelah berjalan cukup lama akhirnya kita pun tiba di Pos I . Dari Shelter NEW SELO sampai Pos I kami menghabiskan waktu kurang lebih 1 jam . Setelah Beristirahat Sejenak kami langsung melanjutkan perjalanan menuju Pos II .

Perjalanan menuju Pos II treknya hampir sama dengan yg telah kami lewati, Berdebu . Pos II ini tidak terlalu jauh, karna kami hanya menghabiskan waktu kurang lebi 30 menit utk sampai Pos II .Dipos II ini kami membuka snack untuk mengisi kekosongan perut yg kosong sambil meluruskan kaki agar urat-urat yg tegang kembali normal . Setelah beristirahat kamipun kembali memulai pendakian menuju Pos III Watu Gajah .

Trek yg kami lalui mulai berbentuk bebatuan untuk sampai Pos III Watu gajah . Kurang lebih 1 Jam kami habiskan waktu untuk sampai ke Pos III Watu Gajah . Nah dari waju gajah ini kami sudah bisa melihat Pos terakhir Pasar Bubrah dan juga nampak jelas sekali wajah merapi . Setelah sampai diwatu gajah kamipun meneruskan perjalanan tanpa beristirahat lagi, sampai kamipun tiba dipos terakhir yaitu Pasar Bubrah .

Pasar Bubrah ini adalah pos terakhir yg sering dijadikan tempat camp oleh teman-teman pendaki . Angin disini sangat kencang, jadi mesti hati-hati jika mendirikan camp disini . Kami pun beristirahat sejenak dipasar Bubrah . Dari Pasar Bubrah nampak jelas wajah Merapi, lalu jika menoleh kebelakangn terlihat indah senyuman Merbabu . Sungguh pemandangan yg tak bisa terbayarkan . Setelah kami beristrahat kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju puncak Merapi .

Dari pasar bubrah menuju puncak merapi kami melewati jalur bebatuan . Lalu makin keatas jalur pasir yg kami temukan . Pasir yg kami pijak makin lama semakin dalam, persis sekali seperti yg kami rasakan saat menggapai mahameru . Naik 5 langkah turun 3 langkah wkwkwk . Sedih ya, tapi kami tetap menikmati hehehe . Setelah kurang lebih 1 jam melewati pasir kami pun tiba juga dipuncak Gunung Merapi 2.930Mdpl . Kami pun sangat senang telah berhasil menginjakan kaki kami dititik tertinggi Gunung Merapi . Dari Puncak Merapi terlihat jelas indahnya Gunung Merbabu, indahnya langit yg amat sangat biru, awan putih yg tebal dan juga terlihat kawah merapi yg masih aktif . Sungguh Indah ciptaanmu ya allah . Kami pun bersyukur telah kepada all swt yg telah mengizinkan dan melindungi kami dipendakian kami . Tanpanya kami takan bisa, dan Tanpanya bumi tak akan tercipta .

Estimasi Pendakian Gunung Merapi Via Selo :
  1. Basecamp – New Selo (15 menit)
  2. New Selo – Pos I (1 jam)
  3. Pos I – Pos II (1 jam)
  4. Pos II – Watu Gajah (1 jam)
  5. Watu Gajah – Pasar Bubrah (15 menit)
  6. Pasar Bubrah – Puncak (1 jam)
  7. TOTAL adalah 4 1/2 jam.
Terima Kasih Telah Membaca ~